Assalamualaikum war. wab
Lama tidak jumpa kawan-kawan elektro untad. Electro Paper edisi MEI bakal kami posting. maaf keterlambatannya teman-teman :D.
Untuk bulan mei temanya tentang Arus Kuat. edisi pertama berjudul "MOTOR-MOTOR LISTRIK".
Selamat membaca & semoga dapat dipahami.. :D 

































Motor listrik merupakan sebuah perangkat elektromagnetis yang mengubah energi listrik menjadi energi mekanik. Motor listrik pertama kali diciptakan pada tahun 1889 oleh Thomas Alpha Edison, seorang inventor Amerika. Motor listrik buatan Edison tersebut memiliki kekuatan 300 tenaga kuda.
Jenis-jenis Motor Listrik : 
Motor listrik dapat dikategorikan berdasarkan pasokan input, konstruksi, dan mekanisme operainya.
Berikut adalah klasifikasi jenis utama motor listrik.


Motor Sinkron
Motor sinkron adalah motor AC, bekerja pada kecepatan tetap pada sistim frekwensi tertentu. Motor ini memerlukan arus searah (DC) untuk pembangkitan daya dan memiliki torque awal yang rendah. Motor sinkron mampu untuk memperbaiki faktor daya sistim, sehingga sering digunakan pada sistem yang menggunakan banyak listrik.










Motor Induksi
Motor induksi merupakan motor yang paling umum digunakan pada berbagai peralatan industri. Popularitasnya karena rancangannya yang sederhana, murah dan mudah didapat, dan dapat langsung disambungkan ke sumber daya AC.
  • Motor induksi satu fase.

Motor ini hanya memiliki satu gulungan stator, beroperasi dengan pasokan daya satu fase. Sejauh ini motor ini merupakan jenis motor yang paling umum digunakan dalam peralatan rumah tangga, seperti fan angin, mesin cuci dan pengering pakaian, dan untuk penggunaan hingga 3 sampai 4 Hp.
  •  Motor induksi tiga fase.

Medan magnet yang berputar dihasilkan oleh pasokan tiga fase yang seimbang. Motor tersebut memiliki kemampuan daya yang tinggi. Diperkirakan bahwa sekitar 70% motor di industri menggunakan jenis ini, sebagai contoh, pompa, kompresor, belt conveyor, jaringan listrik , dan grinder. Tersedia dalam ukuran 1/3 hingga ratusan Hp.

Motor DC
Motor arus searah, sebagaimana namanya, menggunakan arus langsung yang tidak langsung/direct-unidirectional. Motor DC digunakan pada penggunaan khusus dimana diperlukan penyalaan torque yang tinggi atau percepatan yang tetap untuk kisaran kecepatan yang luas.


Keuntungan utama motor DC adalah sebagai pengendali kecepatan, yang tidak mempengaruhi kualitas pasokan daya.
Motor ini dapat dikendalikan dengan mengatur:
·         Tegangan dinamo – meningkatkan tegangan dinamo akan meningkatkan kecepatan
·         Arus medan – menurunkan arus medan akan meningkatkan kecepatan.
Motor DC bisa diklasifikasikan menjadi dua kelompok utama yaitu : 
1) Motor DC Sumber Daya Terpisah (Separately Excited) Jika arus medan dipasok dari sumber terpisah maka disebut motor DC sumber daya terpisah separately excited.
2) Motor DC Sumber Daya Sendiri (Self Excited) Motor DC Sumber Daya Sendiri ini dapat dibagi lagi menjadi 3 bagian yaitu : Motor DC Seri, Shunt, dan Campuran.

Motor DC daya sendiri (Self Excited) seri :
Motor DC daya sendiri (Self Excited) shunt :
Motor DC daya sendiri (Self Excited) campuran :




Sekian edisi ini, mudah-mudahan bermanfaat buat tugas-tugasnya :) Amiin.. 

Post a Comment Blogger

 
Top