Assalamualaikum war. wab
Selamat sore teman-teman semua
Kini elektro paper sudah sampai edisi VI "RASPBERRY PI"
Selamat membaca & semoga dapat dipahami

Raspberry Pi adalah modul micro computer yg juga mempunyai input output digital port seperti pada board microcontroller.Diantara kelebihan Rasberry Pi dibanding board microcontroller yg lain yaitu mempunyai Port/koneksi untuk display berupa TV atau Monitor PC serta koneksi USB untuk Keyboard serta Mouse (spt tampak pada gambar 2 dan 4 dibawah). Raspberry Pi dibuat di inggris oleh Raspberry Pi Foundation Pada awalnya Raspberry Pi ditunjukan untuk modul pembelajaran ilmu komputer disekolah.

Raspberry Pi Board

Raspberry Pi board dibuat dgn 2 type yg berbeda yaitu Raspberry Pi type A dan Raspberry Pi type B. Perbedaannya antara lain pada Ram dan Port LAN. Type A RAM = 256 Mb dan tanpa port LAN(ethernet), type B = 512 Mb dan terpasang port untuk LAN

Blok diagram Raspberry Pi


blok diagram Raspberry pi

Raspberry Pi board mempunyai input dan output antara lain :

· HDMI, dihubungkan ke LCD TV yg mempunayi port HDMI atau dgn cable converter HDMI to VGA dapat dihubungkan ke monitor PC.

· Video analog (RCA port) , dihubungkan ke Televisi sbg alternatif jika anda tdk memilih monitor PC .

· Audio output

· 2 buah port USB digunakan untuk keyboard dan mouse

· 26 pin I/O digital

· CSI port (Camera Serial Interface )

· DSI (Display Serial Interface)

· LAN port (network)

· SD Card slot untuk SD Card memori yg menyimpan sistem operasi berfungsi spt hardisk pd PC.




GPIO merupakan sederet pin yang terdiri dari 26 pin dengan berbagai fungsi diantaranya:



Selain sebagai input output pada beberapa pin GPIO juga berfungsi sebagai komunikasi serial diantaranya I2C, SPI dan serial komunikasi UART .

Gambar berikut contoh Raspberry Pi board dengan casing jadi tampak lebih indah



Raspberry Pi Operating System (Sistem Operasi)

Untuk menggunakan Raspberry pi kita memerlukan operating system(contoh OS : windows, linux,mac ,Unix dst) yg dijalankan dari SD card pad board Rasberrry tdk seperti pada board microcontroller AVR yg selama ini kita pakai tanpa OS . Operating system yang banyak dipakai antara lain Linux distro Raspbian . OS disimpan di SD card dan saat proses boot OS hanya bisa dari SD card tdk dari lokasi lain.

OS yang bisa di jalankan di Raspberry board antara lain : Arch Linux ARM, Debian GNU/Linux, Gentoo, Fedora, FreeBSD, NetBSD, Plan 9, Inferno, Raspbian OS, RISC OS dan Slackware Linux.

Jadi dlm menggunakan microcomputer Raspberry Pi ini kita seperti menggunakan PC yg berbasis linux plus yg mempunyai input output digital spt yg ada di board microcontroller.

Gambar Berikut ini contoh 1 set micro computer Raspberry Pi dgn OS LINUX Rasbian yang siap pakai:



kelebihan Raspberry ini bisa digunakan untuk project-project misalnya :
1. NAS (Network Attached Storage) , yaitu sebagai file server berbasis IP.
pemakai rumahan skrg bisa memiliki NAS yang bisa berjalan 24-jam sehari dengan konsumsi listrik sekitar 50rb/tahun

2. Media Server
Jika ingin punya HD Media player ,alat yang bisa memainkan file-file music, gambar, dan video di dalam hardisk, Raspberry Pi ini bisa di jadikan Media player dengan menggunakan port HDMI ataupun RCA
Anda bisa menonton Streaming TV online, bisa nonton Youtube ataupun memutar film kesukaan anda.

3. Home Automation
anda bisa membuat Home Automation untuk mengontrol lampu ,penyiraman taman, kipas angin,AC dan lain nya, dan bisa di atur baik dari layar LCD maupun Handphone anda.

4. Server Torent -Bittorent
Raspberry Pi juga bisa di jadikan Server untuk download Torent

5. Download manager
Raspberry Pi bisa dijadikan sebagai Komputer yang mendownload file-file film yang bisa kita tinggal tanpa mengkhawatirkan konsumsi listrik.

referensi :

http://en.wikipedia.org/wiki/Raspberry_Pi



 

Benjamin Franklin

 
 

Benjamin Franklin (lahir di Boston, Massachusetts, Amerika Serikat, 17 Januari 1706 – meninggal di Philadelphia, Pennsylvania,Amerika Serikat, 17 April 1790 pada umur 84 tahun) adalah seorang tokoh Amerika Serikat yang terkenal dan telah meninggalkan banyak karya di dalam hidupnya.
 

Franklin adalah orang dengan banyak jenis pekerjaan dan keahlian. Ia adalah seorang wartawan,penerbit, pengarang, filantrofis, abolisionis, pelayan masyarakat (pejabat), ilmuwan, diplomat, dan penemu sekaligus. Franklin juga adalah salah seorang pemimpin Revolusi Amerika, dan salah satu penandatangan Deklarasi Kemerdekaan Amerika. Kata-katanya banyak yang terkenal dan dikutip orang. Misalnya "waktu adalah uang" kemungkinan besar berasal dari dirinya. Karena ia juga seorang penerbit dan pemilik percetakan, banyak kata-katanya yang masih bisa dibaca orang hingga sekarang karena ia juga banyak dan rajin menulis. Ia juga terkenal dengan percobaanya mengenai listrik (penangkal petir). Dia adalah Kepala Kantor Pos pertama di Amerika, pembuat "perpustakaan umum" pertama, dan orang pertama yang mengorganisasikan barisan pemadam kebakaran kota.

Bagi sebagian besar orang Amerika, penemu pertama listrik adalah Benyamin Franklin. Tetapi sebenarnya listrik ditemukan jauh sebelum Benyamin Franklin menerbangkan layang-layang percobaannya di tengah badai atau ke ketika bola lampu telah dipasang di rumah-rumah di seluruh dunia.

Kata kebajikan yang dikenang Benjamin Franklin:

“ Semua yang dimulai dengan rasa marah, akan berakhir dengan rasa malu. ”

Silahkan share keteman-teman anda 

Wassalamualaikum war. wab.
Thanks 



Post a Comment Blogger

 
Top